Selasa, 04 Agustus 2009

5 kualitas pribadi baik

Ketulusan

Ketulusan menempati peringkat ke-1 sebagai sifat yg paling disukai oleh semua orang. Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi/dibohongi. Orang yg tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura-pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikan fakta. Prinsipnya "Ya di atas ya dan tidak diatas tidak". Tentu akan lebih ideal bila ketulusan yg selembut merpati itu diimbangi dengan kecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yg bisa merugikan diri sendiri.

Kerendahan Hati

Berbeda dari rendah diri yg merupakan kelemahan, kerendah hatian justru mengungkapkan kekuatan. Hanya orang yg kuat jiwanya bisa bersikap rendah hati. Ia bagaikan padi, yg semakin semakin berisi semakin merunduk. Orang yg rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bisa membuat orang yg di atasnya merasa oke dan membuat orang yg di bawahnya tidak merasa minder.

Kesetiaan

Kesetiaan sudah menjadi barang langka dan sangat tinggi harganya. Orang yg setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janji, punya komitmen yg kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.

Positive Thinking

Orang yg bersikap positif selalu bisa berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yg buruk sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada mengancam, dan sebagainya.

Keceriaan

Karena tidak semua orang dikaruniai temperamen ceria, keceriaan tidak harus diartikan sebagai ekspresi dari wajah dan tubuh tp sikap hati. Orang yg ceria adalah orang yg bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa menertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.

0 comments:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar